Tuesday, June 10, 2014

Jenis-jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah masa dimana ibu mengandung calon bayi hingga melahirkan. Masa kehamilan adalah sebuah masa yang sangat diidam-idamkan oleh para pengantin muda yang menginginkan momongan. Pada saat menjalani masa hamil, ibu harus benar-benar menjaga asupan gizi dan nutrisi. Untuk mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang, bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat buat ibu hamil. Apa saja yang tergolong makanan sehat buat ibu hamil? Ada banyak sekali jenis makanan sehat tersebut, namun perlu diperhatikan setiap makanan memiliki kandungan berbeda. Ibu sebaiknya mengkonsumsi dalam jumlah yang seimbang, agar gizi tidak berlebih. Karena bisa menyebabkan bayi lahir dalam kondisi yang besar, tentu hal ini akan mempersulit proses melahirkan.

Jenis makanan sehat buat ibu hamil yang pertama adalah kacang, karena mengandung protein dan serat. Serat tentu sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memperlancar pencernaan. Ibu hamil sering sekali menderita sembelit atau susah buang air besar. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang adalah salah satu cara mengurangi sembelit yang dialami ibu hamil. Kacang buncis merupakan jenis kacang yang paling baik dikonsumsi ibu hamil, karena selain mengandung protein dan serat, buncis juga mengandung folat dan kalsium, dimana zat ini sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Sayuran hijau juga merupakan makanan sehat karena mengandung banyak vitamin K, C dan A, selain itu juga mengandung folat.

Makanan sehat buat ibu hamil yang lain adalah ikan salmon. Kebanyakan ikan mengandung merkuri dimana bisa membahayakan kesehatan janin, namun pada ikan salmon, kandungan merkuri yang terkandung tergolong rendah. Dalam mengkonsumsi ikan salmon, sebaiknya hanya 12 ons dalam satu minggu. Selain ikan salmon yang merupakan sumber protein tinggi, telur juga tergolong makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Dalam telur, terkandung banyak jenis vitamin dan juga merupakan sumber protein. Kolin yang terdapat pada telur juga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan ibu. Masih ada banyak jenis makanan sehat yang bisa ibu konsumsi selain yang telah dijelaskan. Dengan mempelajari lebih jauh, ibu bisa memilih jenis makanan yang pas untuk kesehatan ibu dan janin.

Jika bunda membutuhkan gendongan bayi yang gak bikin pegal baca disini.